Sarapan Saoto Bathok mbah Katro Candisari Jogja
Sarapan Saoto Bathok mbah Katro Candisari Jogja

Sarapan Saoto Bathok mbah Katro Candisari Jogja


saoto bathok

Mengunjungi Candi Sambisari memang paling enak di pagi hari, saat matahari belum terlalu menyengat. Udara Jogja yang masih sejuk kala itu terasa menyenangkan untuk dinikmati sambil jalan-jalan di sekitar kawasan candi.

Usai berkeliling jangan lupa sarapan di Saoto Bathok Mbah Katro yang berlokasi tak jauh dari situs ini. Hanya dengan lima ribu perak, sebatok soto segar siap jadi santapan.

Jangan lupa Sarapan Saoto Bathok
Saoto Bathok bisa kita temukan di Desa Kadirojo, lokasinya sangat dekat dengan candi Sambisari. Posisinya yang berada ditengah ladang tembakau menambah asiknya pecinta kuliner untuk menyantap makanan ini.


1 mangkuk saoto bathok Rp 5,000, untuk minumannya seperti teh panas/es maupun jeruk panas/es Rp 2,000. Dan untuk lauknya sebagai pelengkap, seperti tempe garet sepotong Rp 500, atau sate usus/telur puyuh Rp 2,000, harganya sangat terjangkau.


Dengan harga yang terbilang murah kita tidak bisa berharap lebih dengan porsinya, karena 1 porsi soto bathok hanya berisi kurang lebih setengah centong nasi. Namun untuk ukuran sarapan di pagi hari, seporsi saoto bathok sangat pas diperut karena tidak terlalu mengenyangkan tapi cukup untuk mengisi stamina kita di pagi hari.


Tak heran, bila kita mengunjungi soto bathok di pagi hari, kita harus sabar dengan antrian yang cukup panjang. Karena, yang ketagihan dengan nikmatanya saoto bathok ini bukan hanya orang-orang yang berada di sekitarnya namun tak sedikit masyarakat Jogja juga ingin meluangkan waktunya untuk menikmati saoto bathok.


Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.


Candi Sambisari menyediakan taman yang luas dan tempat duduk untuk memandang dari kejauhan peninggalan sejarah yang dibuat sekitar abad ke 9 Masehi. Secara adminstratif, candi Sambisari terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Jogjakarta.

Baca juga:

Share this with short URL:
 
Admin
Code Lab admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains information, speculation, or rumor. We found images from Web that were believed to belongs on public domain. The blog is a personal online records. But, hopefully, these articles also gather usefulness for stray visitors to read this blog from somewhere and for any reasons. Thank You.
Pilih sistem komentar sesuai akun anda ▼
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

» Komentar anda sangat berguna untuk peningkatan mutu artikel
» Terima kasih bagi yang sudah menulis komentar.