Tari Perut atau Belly Dance yang eksotik dari Timur Tengah
Tari Perut atau Belly Dance yang eksotik dari Timur Tengah

Tari Perut atau Belly Dance yang eksotik dari Timur Tengah



Belly Dance berasal dari negara-negara di Timur Tengah yang sering dikatakan sebagai tarian tertua di seluruh dunia.. WOW!!

Menurut sejarah,  tarian ini dari wanita untuk wanita, yang pada zaman dulu dilakukan para wanita Timur Tengah untuk menunggui masa kelahiran seorang bayi. Mereka berkumpul disekitar wanita tadi sambil memainkan musik dan menari untuk memberi support kepada wanita yang mau melahirkan tadi agar diberikan kekuatan dan keselamatan.

Sekarang tarian perut ini sudah menjadi ajang hiburan umum dalam berbagai situasi dan kalangan., hampir setiap negara mengenal tarian ini dan hampir setiap negara mempunyai seorang belly dancer.

Berkembang menjadi ajang entertainment, festival dimana mana, bahkan menjadi festival tahunan di Mesir, Amerika dan Australia. Juga sering menjadi pengisi acara dari telivisi dan show-show. Di Timur Tengah boleh di pastikan tidak ada pesta yang tanpa menggunakan tari perut ini.


Ciri ciri tarian Timur Tengah costume biasanya sexy, ini bukan dibuat buat tapi memang pada zamannya sering digunakan untuk menghibur para raja-raja atau dipakai dalam pesta-pesta, sehingga dari sanalah asalnya, maka costume dibuat dengan warna yang gemerlap dan terang, dipenuhi dengan berbagai perhiasan dan aksesoris.


Namun dalam hal ini costume juga bisa digunakan sesuai dengan jenis tarian Timur Tengah itu sendiri atau dari daerah dan suku mana tarian itu berasal. Pada tarian Shamadan misalnya, pakaian penari justru harus tertutup panjang semata kaki, lurus dan berlengan panjang.


Untuk bisa menarikan gerakan tari perut kita harus bisa melakukan isolasi setiap anggota badan secara satu persatu seirama dengan musik, karena dari sanalah keindahannya. Gerakannya sangat sexy namun harus dapat dipastikan sangat elegan, tidak seronok dan mengundang apalagi murahan.


Musik yang di gunakan adalah musik-musik timur tengah, bisa musik klasik timur tengah, traditional, bahkan pop. Tipe tariannya pun macam-macam, berbeda beda sesuai dengan daerah masing-masing di Timur Tengah yang mereka namakan Tarian Rakyat.


Dalam tarian ini kita bisa menari solo atau group juga bisa menggunakan alat atau tanpa alat. Alat yang biasa digunakan adalah tongkat (saidi), pedang (pedang keseimbangan khusus untuk tarian ini), cymbal, samadhan, selendang (bisa 1 bahkan sampai 7 selendang sekaligus) dll.

Baca juga:

Share this with short URL:
 
Admin
Code Lab admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains information, speculation, or rumor. We found images from Web that were believed to belongs on public domain. The blog is a personal online records. But, hopefully, these articles also gather usefulness for stray visitors to read this blog from somewhere and for any reasons. Thank You.
Pilih sistem komentar sesuai akun anda ▼
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

» Komentar anda sangat berguna untuk peningkatan mutu artikel
» Terima kasih bagi yang sudah menulis komentar.