Teknologi canggih ciptaan Allah swt yang ditiru manusia..
Teknologi canggih ciptaan Allah swt yang ditiru manusia..

Teknologi canggih ciptaan Allah swt yang ditiru manusia..



Walaupun kelelawar mempunyai mata kecil dan gaya hidupnya yang nokturnal, sebenarnya kelelawar itu tidak buta.

“Semua kelelawar bisa melihat dan sensitif terhadap perubahan level cahaya, ini adalah pertanda kalau kelelawar menggunakan indera penglihatan untuk mengetahui apakah sudah waktunya untuk bangun (saat malam) dan berburu,” kata Paul Faure dari laboratorium Universitas McMaster.

Selama ini banyak yang mengatakan bahwa kelelawar merupakan hewan malam yang buta dan mereka terbang hanya menggunakan kemampuan pendengaran, penciuman, dan sensor lain yang dapat membantunya untuk menemukan mangsa.

Kamu pasti tahu tokoh komik Batman, bukan? Terinspirasi dari hewan apakah tokoh Batman tersebut? Kamu pasti tahu deh jawabannya. Ya benar, kelelawar jawabannya.

Hewan yang satu ini memiliki cirri-ciri khusus yang membuatnya berbeda dengan hewan yang lain, dan mungkin beberapa di antaranya menginspirasi lahirnya tokoh komik Batman yang popular dikenal orang sekrang ini.

Apa saja cirri-ciri khusus Kelelawar ?


Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang mampu terbang. Sayap kelelawar merupakan membrane dobel dari kulitnya yang terbentang di antara tulang dari keempat jarinya (kecuali jempol) yang sangat panjang.

Ibu jari kelelawar sangat kecil apabila dibandingkan dengan keempat jari lainnya. Hampir semua jenis kelelawar merupakan nocturnal, yaitu mahluk yang aktif di malam hari.

Berlawanan dengan jerapah, kelelawar merupakan mamalia yang durasi tidurnya paling lama di antara hewan mamalia yang lain.

Memiliki kemampuan Echolocation. Mungkin Kamu selama ini menyangka bahwa kelelawar itu buta, tetapi sebenarnya kelelawar itu tidak buta.

Bahkan, penglihatan kelelawar terbilang cukup baik. Meski begitu, kelelawar cenderung lebih menggunakan sistem sonar yang dimilikinya dalam memburu mangsanya. Sistem sonar tersebut disebut dengan Echolocation.

Dengan kemampuan echolocation, kelelawar pada awalnya mengeluarkan suara frekuensi tinggi (sejenis teriakan) melalui mulut atau hidungnya, suara tersebut kemudian memantul kembali ke mereka ketika ada sesuatu di depannya.

Dengan cara itulah kelelawar mampu untuk menentukan lokasi mangsanya, meski suasana sangat gelap. Suara yang diproduksi kelelawar itu tidak bisa didengar oleh manusia. Perlu Kamu tahu bahwa kemampuan echolocation kelelawar sangat sensitive, karena mampu mendeteksi benda yang sangat tipis.

Suara kelelawar tersebut diproduksi oleh larynx atau kotak suara dengan cara memaksa udara untuk melewati membrane vocal yang sangat tipis yang hanya dimiliki oleh kelelawar.

Tahukah Kamu? Ketika kelelawar sedang mencari mangsanya biasanya mereka mengeluarkan 10 getaran suara per detiknya, tetapi ketika lokasi mangsanya sudah ditemukan maka akan diproduksi 200 getaran suara dalam setiap detiknya, sehingga mereka dapat mengejar dan menangkap mangsanya.

Ada kelelawar hidup sendiri dan bergantungan di dahan pohon, atap rumah, peternakan ataupun tempat lain yang terlindungi selama mereka beristirahat di siang hari. Namun, ada juga kelelawar yang membentuk koloni dan bergantungan di gua-gua ataupun di area pertambangan. Saat mereka istirahat, kelelawar bergantungan dengan posisi kepala di bawah.

Bayi kelelawar dilahirkan dalam keadaan buta dan tidak memiliki bulu.

Kelelawar betina dapat menunda proses pembuahan (delayed fertilization) pada dirinya dengan cara menyimpan sperma kelelawar jantan pada sistem reproduksinya.

Sebagai hewan berukuran kecil, kelelawar termasuk ke dalam hewan yang memiliki kecepatan reproduksi lambat. Hal tersebut disebabkan oleh masa hidup kelelawar yang cukup panjang, bisa hidup hingga berumur 20 tahun.

Kelelawar dapat mengalami hibernasi, biasanya pada musim dingin. Selama hibernasi, temperatur tubuh kelelawar turun drastis hampir seperti temperatur udara sekitar, laju pernapasan dan detak jantungnya pun jadi melambat.

Pada saat hibernasi, kelelawar tidak makan apapun, mereka bertahan dengan membakar secara perlahan lemak yang dikumpulkan selama musim panas.

Peluru kendali udara ke udara adalah rudal yang ditembakkan dari pesawat dengan target untuk menghancurkan pesawat musuh.

Sistem pemandu inframerah akan melacak panas yang dihasilkan pesawat musuh. Rudal berpandu inframerah modern dapat mendeteksi panas dari bagian manapun dari pesawat musuh yang menjadi panas oleh adanya gesekan dengan udara.

Hal ini membuat pesawat penembak tidak perlu bermanuver untuk mencari posisi di belakang pesawat musuh sebelum dapat melepaskan tembakan. Walaupun demikian hal ini tetap dapat memperbesar kemungkinan mengenai target.

Untuk mengatasi rudal jenis ini, digunakan flare yang lebih panas dari pesawat sendiri sehingga rudal akan melacak panas yang lebih tinggi tersebut. Penelitian terkini mengembangkan alat laser yang dapat menghancurkan sistem pemandu inframerah di rudal.

Rudal modern seperti ASRAAM menggunakan pencitraan inframerah sehingga rudal dapat "melihat" target (seperti sebuah kamera video digital) dan dapat membedakan antara pesawat dengan sumber panas seperti flare.

Sistem ini juga memiliki sudut lebar sehingga pesawat penyerang tidak perlu harus berada dalam garis lurus dengan target untuk dapat dikunci.

Pilot hanya perlu menggunakan helmet mounted sight (HMS) dan kemudian "melihat" targetnya sebelum melepaskan tembakan. Su-27 Rusia dilengkapi dengan sebuah sistem pencari dan pelacak inframerah dilengkapi dengan pengukur jarak laser untuk sistem HMS-nya.

Untuk dapat bermanuver dari sudut tembak yang kurang memadai pada jarak pendek untuk mencari targetnya, rudal udara ke udara dilengkapi dengan pendorong vektor yang memungkinkan rudal untuk berputar arah.


Baca juga:

Share this with short URL:
 
Admin
Code Lab admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains information, speculation, or rumor. We found images from Web that were believed to belongs on public domain. The blog is a personal online records. But, hopefully, these articles also gather usefulness for stray visitors to read this blog from somewhere and for any reasons. Thank You.
Pilih sistem komentar sesuai akun anda ▼
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

» Komentar anda sangat berguna untuk peningkatan mutu artikel
» Terima kasih bagi yang sudah menulis komentar.