Negeri miskin banyak utang, pejabatnya tak malu pamer kemewahan

Negeri miskin banyak utang, pejabatnya tak malu pamer kemewahan

banner

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri Indonesia sampai dengan November 2015 menembus angka US$304,6 miliar atau berkisar Rp 4.234 triliun.

Jika dibandingkan secara tahunan atau year on year (YoY), posisi Utang Luar Neger Indonesia per November 2015 tumbuh 3,2 persen atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhannya di Oktober 2015 yang hanya mencapai 2,5 persen. (cnn)

Utang luar negeri pemerintah memakan porsi anggaran negara (APBN) yang terbesar dalam satu dekade terakhir. Jumlah pembayaran pokok dan bunga utang hampir dua kali lipat anggaran pembangunan, dan memakan lebih dari separuh penerimaan pajak. Pembayaran cicilan utang sudah mengambil porsi 52% dari total penerimaan pajak yang dibayarkan rakyat. (wiki)


Belanda berada di peringkat 16 negara dengan kekuatan ekonomi di dunia dalam hal Produk Domestik Bruto (PDB). Belanda juga termasuk salah satu negara pemberi utang kepada Indonesia. Meski semua standar menunjukkan sebagai negara kaya, tapi perdana menterinya tidak pernah dikawal dalam iringan konvoi.

Dalam sebuah video dari stasiun televisi nasional Belanda, Perdana Menteri Mark Rutte pernah terlihat tiba di kantornya dan kemudian pulang di malam hari menggunakan sepeda, seperti dilansir situs Kenya Today, 12 Maret lalu.

PM BElandaBahkan ketika dia melakukan kunjungan kenegaraan, Rutte selalu berusaha untuk mempertahankan tradisi itu.

Pada tahun 2012, Mark Rutte mengejutkan delegasi Iran ketika dia tiba di tempat kerjanya dengan sepeda. Kemudian kepala polisi Iran Esmail Ahmadi Moghadam Sardar, yang berada dalam delegasi itu mengatakan kepada televisi lokal di Teheran bagaimana delegasi dari Negeri Mullah itu malu ketika mereka melihat seorang menteri dari negara Eropa pergi ke kantornya dengan sepeda.

Bagi Perdana Menteri Belanda Mark Rutte ajaran kesederhanaan, pentingnya kerja, rendah hati dan bersedia memberi bantuan yang ditanamkan orang tuanya adalah sesuatu yang harus ia junjung tinggi. Tak heran politisi yang sebelumnya bekerja untuk Unilever ini kerap datang ke kantornya menggunakan sepeda.

Rutte yang lihai bermain piano bukan sosok pemimpin yang sulit untuk ditemui, dari rakyat hingga wartawan semua mengatakan berjumpa dengannya adalah sebuah kemudahan yang tak pernah ditemui sebelumnya.

Ia dilahirkan tahun 1967 di Den Haag. Dibesarkan dalam lingkungan kelas menengah tak membuatnya jatuh hati dengan kemewahan. Rutte dikenal sebagai seseorang yang berbudi baik, berani mengakui kesalahan dan meminta maaf untuk itu.

Sekolah bobrok namun murid dan guru tetap semangat belajar mengajar
Kala bertemu dengan PM Zionis Israel, Benjamin Netanyahu, Rutte dengan tegas mengatakan agar Zionis-Israel menghentikan usahanya untuk mendirikan pemukiman Zionis di Tepi Barat.

Deretan mobil mewah pejabat Indonesia
Pada kasus yang melibatkan Indonesia pada masa perjuangan revolusi di Rawa Gede, Rutte meminta maaf langsung dan bersedia memberikan kompensasi atas terbunuhnya 430 rakyat Indonesia yang dibantai oleh tentara Belanda pada tahun 1947.

PM Inggris David Camerun juga telah mengeluarkan instruksi kepada para menteri dan pejabat di bawahnya agar meninggalkan penggunaan mobil dinas dari rumah ke kantor dan menaiki kendaraan umum seperti kereta listrik dan lainnya. Ini dilakukan Camerun agar pengeluaran pemerintah bisa ditekan demi efisiensi.

Pemerinta Inggris bukan kekurangan uang melakukan hal ini, tapi demi efektivitas pembiayaan negara yang diambil dari pajak rakyatnya.

Menteri Sosial Australia, Stuart Robert, mengundurkan diri, Jumat (12/2), karena skandal perjalanan ke China. Menteri dari Partai Liberal ini pada 2014 kedapatan melawat ke peresmian tambang batu bara di China, yang ongkosnya ditanggung sebuah perusahaan swasta.

Tindakan Robert, oleh partai oposisi, dianggap penyalahgunaan wewenang sekaligus kurang etis, karena tidak jelas apakah dia ke China sebagai pejabat negara atau pribadi.

Perusahaan yang mendanai perjalanan Stuart adalah Nimrod Resources, tambang milik Paul Marks. Pengusaha ini dikenal cukup royal menyumbang Partai Liberal Australia. (em)

Baca juga:

banner

Your Reactions:

 
Admin
Thankyou guys for reading the article Negeri miskin banyak utang, pejabatnya tak malu pamer kemewahan Jari Langit admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains Information, speculation or rumor.
Buka Komentar