Inilah resep membuat Mie Ayam Jamur ala restoran besar
Inilah resep membuat Mie Ayam Jamur ala restoran besar

Inilah resep membuat Mie Ayam Jamur ala restoran besar

Sajian kuliner yang berasal dari Cina ini sudah mencuri hati, Di setiap sudut jalan, hampir dapat dipastikan ada pedagang yang menjajakan makanan ini.



Mie ayam merupakan salah satu menu sejuta umat. Pasalnya, sajian kuliner yang berasal dari Cina ini sudah mencuri hati.  Mie ayam menjadi makanan favorit dan sangat populer di masyarakat Indonesia. Mie Ayam sangat mudah ditemukan. Di setiap sudut jalan, hampir dapat dipastikan ada pedagang yang menjajakan makanan ini.


Nah....kali ini admin bukan membahas umumnya masakan Mie Ayam seperti yang sering dijajakan oleh para penjual mie dengan gerobak keliling atau yang suka mangkal di pinggir jalan di bawah pohon, tetapi Mie Ayam ala resto besar yaitu Mie Ayam Jamur atau istilah kerennya Chicken Mushroom Noodle.


Dengan memasak mie ayam di rumah, selain lebih sehat karena terjamin kebersihannya dan rasanyapun lebih nikmat, Membuat mie ayam ala resto bukan berarti harus mengeluarkan kocek banyak, Tertarik ?  monggo silaken ikuti langkah berikut ini dalam tahapan pembuatan mie ayam jamur.

Bahan :
  1. 250 gram mie telur yang biasa digunakan untuk membuat mie ayam. atau bisa juga menggunakan mie basah yg banyak di jual di pasar.
  2. Jamu merang 
  3. Daging ayam
  4. 75 gram kucai, diiris tipis.
  5. 2,5 sendok teh kecap asin.
  6. Sawi hijau, petik daunnya, dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera.
  7. Tauge (hilangkan ukujungnya) bisa sebagai pelengkap
  8. Daun bawang, diiris tipis.
  9. 4 siung bawang putih, dimemarkan, kemudian dicincang hingga lembut.
  10. Garam, lada putih bubuk dan gula pasir secukupnya.
  11. Acar mentimun (kalau suka)
  12. Sambal cabe rawit merah.
Tongcai banyak di jual di pasar (asinan kering dari sawi putih)

Jamur merang
Cara membuat :
Nyalakan kompor dengan api sedang, lalu rebus ayam menggunakan 1 liter air dan tambahkan 1sdm garam hingga empuk dan matang, Jangan Lupa tambahkan 1 batang bawang daun kedalamnya. Jika sudah matang pisahkan ayamnya. Anda boleh pisahkan daging, tulang dan  kulitnya. Dagingnya dipotong atau disuwir halus sesuai dengan selera, Sisa air rebusan ini sebagai kuah mie.

Rajang halus jamur merang, daging ayam yang sudah di suwir atau di potong-potong, siapkan minyak goreng, lalu tumis bawang putih (di keprak), daun bawang sampai harum, masukan jamur merang, daging ayam dan tambah sedikit kuah kaldu hasil merebus ayam, tambahkan kecap asin, garam dan gula secukupnya. aduk-aduk hingga matang.


Pelengkap :
Cuci tongcai kemudian rebus sebentar, iris tipis.
Cuci tauge yang sudah dihilangkan ujungnya kemudian rebus sebentar.
Siapkan sambal cabe rawit dengan merebus cabe kemudian giling atau  ulek dengan cobek.
Buat acar mentimun jika suka dengan mencampur irisan mentimun, bawang merah cabe rawit hijau kecil, gula dan garam aduk dan diamkan,

Penyajian:
Siapkan mangkok, taburi merica bubuk, kecap asin, minyak sayur (bisa di ambil dari minyak yang keluar saat kita menumis ayam). masukan mie sesuai porsi yang kita inginkan. kemudian aduk-aduk mie-nya agar meresap, lalu taburkan hasil tumisan daging ayam dan jamur, rebusan sawi, potongan daun bawang,  serta tauge diatasnya.


Kuah mie.
Siapkan mangkok kecil, taburi sedikit tongcai, irisan daun bawang, kemudian tuang kaldu ayam. (jika ada taburi dengan irisan bawang putih goreng akan lebih terasa gurih).

Sampean sudah siap menikmati hidangan mi, mie ayam ala resto besar yang nikmat gurih dan lezat..tentu saja higinies dan halal.

Catatan:
Mie ayam ala Canton Cina tidak menggunakan taburan bawang merah goreng, jika anda menaburkan bawang goreng diatasnya, maka rasa mie akan berubah menjadi mie jawa yang nyemek. Masakan Cina identik dengan bawang putih sebagai bumbu utamanya.

Baca juga:

Share this with short URL:
 
Admin
Code Lab admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains information, speculation, or rumor. We found images from Web that were believed to belongs on public domain. The blog is a personal online records. But, hopefully, these articles also gather usefulness for stray visitors to read this blog from somewhere and for any reasons. Thank You.
Pilih sistem komentar sesuai akun anda ▼
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

» Komentar anda sangat berguna untuk peningkatan mutu artikel
» Terima kasih bagi yang sudah menulis komentar.