Cara paraktis mengusir kehadiran tikus di rumah kita

Cara paraktis mengusir kehadiran tikus di rumah kita

Penggunaan racun tikus sebenarnya juga tak dianjurkan karena dapat membuat tikus mati di tempat tersembunyi

banner

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang kehadirannya paling tak disukai. Walaupun kecil, kehadiran tikus di rumah tentu akan membuat Anda merasa tak nyaman. Selain menimbulkan penyakit, tikus juga sering merusak perabotan dan mencuri makanan.

Tikus paling suka tinggal di daerah yang gelap dan jorok, nah jika rumah anda banyak tikusnya berarti lingkungan rumah anda cenderung jorok, oleh sebab itu cobalah perhatikan lingkungan rumah tinggal anda, Salah satu tempat yang paling difavoritkan tikus adalah dapur.

Tikus memiliki keterampilan dalam segi kelincahan bergerak, mencari makan dan pasangan, serta perlindungan untuk melepaskan diri dari bahaya musuh lainnya. Keterampilan tersebut dimungkinkan oleh adanya indera yang sangat terlatih, yaitu alat penciuman, peraba, pendengaran dan perasa/pengecap.

Apa solusi terbaik untuk mengusir tikus ?

Tak perlu memasang perangkap yang merepotkan untuk mencegah tikus masuk atau mengusir tikus dari rumah. Penggunaan racun tikus sebenarnya juga tak dianjurkan karena dapat membuat tikus mati di tempat tersembunyi, yang justru dapat memicu penyebaran penyakit.


Seperti halnya hewan lain, tikus yang gesit rupanya juga memiliki kelemahan. Ada beberapa benda yang tak disukai atau ditakuti tikus, yang dapat Anda gunakan untuk membasmi tikus dari rumah. Diamin tikus akan kapok dan tak berani lagi masuk ke rumah Anda. Mari simak informasinya berikut ini.


Sebarkan kulit durian

Memiliki rasa dan aroma yang khas, rupanya durian adalah buah yang palig dibenci oleh tikus. Jika Anda penikmat durian yang sedang dipusingkan oleh tamu berekor yang tak diundang ini, Anda dapat mengusirnya dengan kulit buah durian. Potong-potong durian seukuran kotak korek api, dan sebarkan di setiap sudut rumah, ataupun tempat yang menjadi jalan lalu lintas tikus. Dijamin tikus akan menjauh dan pergi dari rumah Anda. Namun, hati-hati jangan sampai kulit durian terinjak ya :)

Jangan gunakan kucing untuk mengusir tikus

Jangan gunakan kucing untuk mengusir tikus di rumah anda, alasannya karena selain Kucing suka nyolong makanan di dapur, kucing juga jorok makan tikusnya hidup - hidup, maka darah tikusnya akan bercecer ke mana - mana, selain itu kasihan kucing kesayangan anda bisa tertular penyakit yang di bawa oleh tikus.


Semprotan daun mint

Daun yang beraroma segar dan menenangkan ini rupanya sangat dibenci oleh tikus. Pertama-tama, Anda harus mengetahui jalan lalu lintas tikus berikut sarangnya. Rendam daun mint dengan air ke dalam botol semprotan hingga tercium aromanya, lalu semprotkan ke area tersebut. Dijamin tikus akan segera 'minggat' dari rumah.


Seperti halnya durian dan mint, buah mengkudu juga termasuk daftar yang tak disukai tikus. Agar hasilnya lebih baik, Anda dapat membuat jus buah mengkudu dan menyaringnya. Masukkan air saringan tadi dan semprotkan ke tempat yang sering dilalui tikus.


Pelihara jangkrik

Tikus sangat menbenci suara-suara berisik, oleh karena itu memelihara jangkrik di rumah juga sangat ampuh karena suaranya yang nyaring. Biasanya jangkrik akan mengeluarkan suara pada malam hari hingga menjelang subuh, yang sangat cocok dengan 'jam kerja' tikus saat mencari makan di dalam rumah.

Namun, bagi Anda yang kurang menyukai suara berisik cara ini bisa jadi tak hanya mengganggu kawanan tikus, tapi juga membuat Anda kurang nyaman.


Sedikit pengetahuan tentang tikus

Tikus itu sebenarnya buta warna, tapi pengelihatannya sangat peka terhadap cahaya, hingga mampu mengenali bentuk benda dalam kegelapan malam hingga jarak 10-15 meter. Dalam kegelapan total, mobilitasnya dibantu indera penciuman, peraba dan perasa. Dalam keadaan terang tikus juga tidak dapat melihat dengan baik.


Tikus mampu mendengar suara yang dapat didengar manusia yaitu frekuensi 20 Hz-20 KHz dan mendengar suara yang tidak dapat didengar manusia (ultra sonik) pada frekuensi diatas 20 KHz.

Suara oleh tikus digunakan sebagai salah satu media komunikasi antar sesamanya. Misal suara tikus berkelahi, berbeda dengan tikus kawin atau tertangkap oleh predator.

Indera penciuman tikus sangatlah baik. Dengan menggerakkan kepala turun-naik dan mengendus, tikus sawah mampu mengenali pakan, sesama tikus, dan predator. Ketajaman penciuman digunakan untuk mendeteksi jejak pergerakan tikus kelompoknya, sehingga tikus mampu mengetahui batas-batas teritorialnya.

Tikus dapat menditeksi bekas jejak tikus lain, bau badan, air seni kotoran yang tertinggal dengan indra penciuman, juga merupakan alat komunikasi antara sesama.

Demikan sekilas info tentang tikus semoga bermanfaat. (disunting dari beberapa sumber)

Baca juga:

banner

Your Reactions:

*  
Admin
Thankyou guys for reading the article Cara paraktis mengusir kehadiran tikus di rumah kita Jari Langit admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains Information, speculation or rumor.
Google
Klik untuk buka komentar sesuai akun Anda

Tidak ada komentar

» Komentar anda sangat berguna untuk peningkatan mutu artikel
» Terima kasih bagi yang sudah menulis komentar.