Upacara Nyadran memperebutkan gunungan berisi hasil pertanian
Upacara Nyadran memperebutkan gunungan berisi hasil pertanian

Upacara Nyadran memperebutkan gunungan berisi hasil pertanian



Gunungan hasil pertanian ludes diserbu warga, usai Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Achid Nuryati dalam Nyadran Agung yang digelar Pemkab Kulonprogo, Sabtu (28/5/2016) sore.

Masyarakat yang semula sudah dihalangi dengan pager betis oleh petugas, namun tidak bisa membendung mayarakat yang langsung merangsek maju begitu bupati selesai memotong tumpeng. Sebelum tumpeng dipotong, dilakukan doa oleh KH Mas Wedono Wasiludin, dan dihadiri Asisten IV DIY dan Bakor PKP.

Sebelumnya berbagai gunungan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD)n juga badan umum milik daerah (BUMD) dan lainnya, diarak dari mulai gedung DPRD menuju jalan Sugiman atau Watulunyu, Alun-alun Wates, yang selanjutnya gunungan diletakkan di depan rumah dinas, sebelum diperebutkan oleh masyarakat.

Petugas baik dari Satpol PP dan lainnya sebenarnya sudah melakukan pagar betis untuk melindungi gunungan sebelum diperebutkan.

Hasto mengaku nyadran agung ini merupakan upaya melestarikan budaya dan sebagai ajang silaturahmi baik sesama warga setempat maupun dengan warga perantau. [KR]

Baca juga:

Share this with short URL:
 
Admin
Code Lab admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains information, speculation, or rumor. We found images from Web that were believed to belongs on public domain. The blog is a personal online records. But, hopefully, these articles also gather usefulness for stray visitors to read this blog from somewhere and for any reasons. Thank You.
Pilih sistem komentar sesuai akun anda ▼
Blogger
Disqus