Perindo satu-satunya partai politik rasa mi ayam bakso
Perindo satu-satunya partai politik rasa mi ayam bakso

Perindo satu-satunya partai politik rasa mi ayam bakso

Koh Hary Tanoesoedibjo ini berkuasa penuh atas partainya hingga daerah



JARILANGIT.COM - Pada malam deklarasi itu, HT  mengumumkan susunan pengurus DPP partai. Total pengurus DPP berjumlah 33 orang. Menariknya, dari jumlah itu, 14 orang di antaranya anak buah dan rekan kerja HT di MNC. Tak hanya itu, majelis persatuan partai dan mahkamah partai didominasi orang-orang MNC.

Mereka menduduki posisi penting. Ketua bidang organisasi, misalnya, dipegang oleh Syafril Nasution, Direktur PT Global Mediacom dan orang kepercayaan HT.

Ketua bidang Litbang dan IT dipegang oleh Sururi Alfaruq, Direktur Utama Koran Sindo. Arya Mahendra Sinulingga, Direktur Pemberitaan MNC, dipercaya menjadi ketua bidang media dan komunikasi massa.

Ketua bidang UMKM dan koperasi dipegang oleh A. Wishnu Handoyono, Komisaris MNC Securitas. Masih dari MNC Securitas, Susi Meilina, sang direktur Utama, dipercaya menjadi ketua bidang perekonomian.

Posisi ketua bidang hukum dan HAM dipegang oleh Christophorus Taufik, Direktur PT Global Mediacom. Bagian yang cukup janggal adalah ketua bidang perburuhan dan ketenagakerjaan yang dipegang oleh Wina Armada Sukardi, Komisaris Independen PT MNC Tbk.

Posisi ini janggal lantaran anak-anak perusahaan di bawah MNC tidak memiliki serikat buruh. Pada pertengahan 2017 sempat terjadi PHK besar-besar di tubuh MNC Group.

Dijajaran wakil sekretaris jenderal (Wasekjen), HT menempatkan tiga orang dekatnya. Wasekjen III dipercayakan kepada Donny Ferdiansyah, Executive Assistance to CEO MNC; Wasekjen VI dipegang Ajun Damayanti, Sekretaris Global Mediacom; dan Wasekjen VII dipercayakan kepada Angela Herliani Tanoesudibyo, anak kandung HT.

Posisi krusial bendahara umum Perindo juga tidak mau dilepas oleh HT kepada orang luar. Posisi ini ditempati oleh Hendry Suparman, Direktur MNC Corporation. Bendahara I dipercayakan kepada Stien Maria Schouten, Komisaris Independen MNC; dan Bendahara III dipercayakan kepada Eva Mutia dari MNC Finance.

Selain di DPP, posisi di Majelis Persatuan Partai juga dipegang oleh orang MNC. Sekretaris majelis adalah David Fernando Audy, CEO MNC; dan anggotanya diisi oleh Hendry Suparman, Direktur MNC Cooperation; serta Liliana Tanoesudibyo, istri HT.

Sementara empat dari lima orang yang menduduki mahkamah partai adalah orang-orang MNC. Ketuanya adalah Syafril Nasution; sekretarisnya Christophorus Taufik; dan dua anggotanya diisi M. Budi Rustanto (Direktur MNC Land) serta Agus Mulyanto (Direktur MNC Play).

Dominasi orang MNC di mahkamah partai ini memastikan Partai Perindo tidak akan dibajak oleh para penumpang gelap. Jika terjadi dualisme, mahkamah partai sudah siap mengamankan Hary Tanoesoedibjo.

Koh Hari Tanoe rajin keluar masuk pesantren untuk mencari dukungan dari kalngan umat Islam

Kuasa Penuh Sampai Daerah

Hary Tanoesoedibjo tak hanya membuat ia berkuasa penuh pada DPP, dengan struktur partai yang mirip perusahaan MNC, melainkan juga memastikan tidak ada pembelot masuk ke jajaran pengurus di tingkat dewan pimpinan wilayah (DPW) hingga dewan pimpinan daerah (DPD). Caranya dengan meniadakan musyawarah di tingkat wilayah (provinsi) dan daerah (kabupaten/kota).

Dalam anggaran dasar dan rumah tangga partai, tertulis bahwa ketua dan sekretaris DPW dipilih dan ditetapkan oleh majelis persatuan partai (pasal 24); begitupun ketua dan sekretaris DPW (pasal 25).

Mekanisme ini memastikan HT memiliki kuasa penuh. Sebab, dari 5 orang di susunan majelis persatuan partai, hanya Ahmad Rofiq yang bukan orang MNC dipercaya menjadi menjadi sekretaris jenderal partai.

Rofiq mungkin satu-satunya politikus di luar MNC yang diberi kepercayaan oleh HT untuk menempati posisi strategis. (Mawa kresna)
 
Pilih sistem komentar sesuai akun anda ▼
Blogger

No comments

» Komentar anda sangat berguna untuk peningkatan mutu artikel
» Terima kasih bagi yang sudah menulis komentar.